Sunday, 17 June 2018

CARA MEMBUAT STEMPEL DAN EFEK STEMPEL CORELDRAW


Stempel merupakan alat digunakan untuk kebutuhan kita dalam pengesahan contohnya stempel untuk bukti surat ijazah, nota pembayaran dan banyak lagi pengesahan-pengesahan lainnya. Dalam suatu toko digunakan sebagai alat bukti lunas, ucapan terima kasih dan lain-lain. Stempel biasanya terbuat dari karet runafkek dengan pegangan kayu dan ada bak stempel untuk menyimpan tinta. Untuk membuat design awal dari stempel bisa dengan menggunakan CorelDraw.

1.     Buatlah sebuah lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool dengan ukuran width dan height sama yaitu 5-5.5 cm. (Ukuran Standart Stempel).



2.     Lakukan Contour > Flow Inward dengan dengan Contour Steps sebanyak 1 dan jarak Contour Offset sebesar 0.1-0.2 cm.




3.   Pisahkan hasil Contour dengan lingkaran aslinya dengan melakukan Break Contour Group Apart, kedua objek harus dlblok/dipilih dan klik nya tepat pada hasil Contour agar menu Break Contour Group Apart muncul.



4.   Lakukan Contour lingkaran kedua dengan Contour Steps 1 dan Jarak Contour Offset 0.7 cm lalu Break Contour Group Apart untuk membuat lingkaran ketiga.



5.    Atur ketebalan Outline Lingkaran yang pertama 0.5 mm, kedua 0.25 mm dan ketiga 0.5 mm.



6.  Sekarang memasukan teks ke objek lingkaran, dengan cara membuat lingkaran di tengah-tengah lingkaran kedua dengan cara membuat Contour Outward Lingkaran ketiga atau dengan membuat lingkaran secara manual menggunakan Ellipse Tool. Saran saya gunakan Contour agar lebih praktis tanpa harus menggeser lingkaran bantu ke dalam lingkaran kedua. Admin menggunakan Contour dengan Contour Steps 1 dan Contour Offset -0.22 cm.



7.  Pilih Text Tool (F8) dan arahkan mouse tepat paga garis outline lingkaran merah (lingkaran bantu) jika muncul pesan Icon A~ Edge langsung klik kiri mouse dan buatlah teksnya. Sehingga teks dapat memutar sesuai dengan bentuk lingkaran merah (lingkaran bantu).




8.  Untuk mengatur ukuran Font agar proposional, double klik pada teks lalu arahkan kesamping atas.



9.   Mengatur spasi setiap huruf dapat menggunakan Shape Tool dan mengatur Vertical Character Offset (spasi ke bawah atau ke atas) dan Character Angle (Kemiringan Huruf untuk menyesuaikan dengan lingkaran bantu).



Atau praktisnya dengan menggeser ke kanan atau kebawah fitur yang ditandai kotak berwarna merah pada gambar berikut ini,



Sedangkan untuk mengatur posisi/menggeser teks gunakan Pick Tool dengan Offset yang disesuaikan.



10.  Bila posisi teks (presisi) sudah pas, lingkaran bantu dapat dihilangkan dengan cara Teks menjadi Curve (CTRL +Q) dan hapus lingkarannya dengan menekan tombol Delete.





11.  Tambahkan Ornamen bintang pada stempel di setiap pemisah kata (pengganti tanda titik).



12.  Untuk mengisi tengahnya buatlah kotak dan teks misal “HTTPS” lalu Powerclip ke dalam lingkaran ketiga.



13.  Jika design stempel sudah selesai, export objeck menjadi file jpg atau png. Dengan Cara klik menu File > Export simpan file dengan format jpg. Lalu Export.



15.   Selesai.

Cara Membuat Efek Stempel
1.  Group semua bagian Objek Stempel, lalu Gunakan Freehand Tool untuk membuat garis-garis pembelah Stempel atau guratan kusut.



2.   Contour>Inward garis-garis Freehand Tool yang dibuat tadi dengan Contour Steps 1 dan jarak Contour Offset sebesar 0.03 cm setelah itu Break Contour Group Apart, hapus garis-garis aslinya yaitu garis yang ditengah Contour.



3.   Convert to Bitmaps Objek Stempelnya lalu TRIM garis-garis Contour (dengan ketebalan outline NONE dan Warna Garis PUTIH)  ke Objek Stempelnya.



4.   Hasilnya,



5.   Bila merasa kurang blur gunakan Gaussian Blur.
6.   Selesai.
Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba

Terimakasih telah berkunjung di https://agungpanduan.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment

Recent Post

Recent Posts Widget