Monday, 11 June 2018

TUTORIAL CARA MENGGUNAKAN AVS VIDEO EDITOR



AVS VIDEO EDITOR adalah perangkat lunak berfungsi untuk mengedit dan memproduksi video. Video tersebut dapat dari satu file mp4, avi maupun file gambar biasa atau dari beberapa file karena AVS Video Editor dapat menggabungkan beberapa video menjadi satu. Namun untuk menggabungan beberapa video harus dapat mencocokannya dengan baik atau dapat diakali dengan menggunakan efek transisi. Software ini memang memiliki fitur yang tidak sekomplit Adobe Premiere, Adobe Effect, dan Corel VideoStudio Ultimate. Namun AVS Video editor sangat berguna untuk edit video yang sederhana dan AVS Video Editor ini tidak memberatkan kinerja komputer.

Jika belum memiliki software AVS Video Editor dapat di download disini

1.    Langkah pertama untuk mengedit video adalah klik menu File> New Project lalu Save.



2.    Masukan file video yang akan di edit ke dalam AVS Video editor, bisa dengan cara Drag  & Drop maupun, 



klik Menu File>Import Media



3. Untuk mempercantik dan memperindah video, kita dapat menambahkan Transitions, Video Effects, Text, Voice.

Transitions AVS Video Editor
Transitions berfungsi untuk memberikan efek animasi video sebelum perpindahan dari bagian video satu ke video lainnya agar lebih menarik atau mungkin juga sebagai trik penyatuan 2 video, dimana video tersebut berasal dari beberapa sumber yang sama atau berbeda. 
Untuk menambahkan Transitions, klik Transistion lalu pilih efek mana yang akan digunakan dan di drag & drop ke arah di antara 2 video atau gambar.




Video Effect
adalah suatu perubahan yang terjadi pada clip video dan dibuat untuk memberikan tambahan animasi agar video menjadi lebih menarik dan enak dilihat. Dengan efek-efek ini dapat dihasilkan suatu tampilan visual yang menambah nilai suatu video.
Untuk menambahkan video efek ini, dapat dilakukan dengan klik Video Effects lalu pilih efek mana yang akan digunakan dan klik kanan mouse lalu Add or Replace Video Effect. Bisa juga dengan cara mendragkan ke bagian yang ditunjukan tanda garis merah pada gambar di bawah ini,




Text
Penambahan text dalam editing video berfungsi untuk menambahkan efek tulisan dan dapat pula hanya sebagai informasi tentang si pembuat video. Misalkan Copyright …, Create by … dan lain-lain.
Sama halnya dengan cara penambahan pada Video Effects kita hanya mengklik Text dan pilih salah satu jenis efek tulisan lalu Add or Replace Text.


Untuk mengganti tulisan klik menu Edit Text



Setelah dapat diubah Jenis Huruf, Size, Font Style, Aligned. Dapat dijuga ditambahkan shadow pada tulisan.  Pemberian Text bisa lebih dari satu dengan cara klik Add Layer>Add Text.


Voice
Untuk menambahkan suara, diperlukan microphone atau headset. Jika sudah terpasang, silahkan klik Start Recording. Namun penambahan voice (suara) bisa juga dengan drag & drop file audio.


4.   Biasanya ketika merekam video selalu ada bagian yang kurang pas untuk ditonton atau tidak menarik atau tidak dibutuhkan. Bagian-bagian tersebut dapat membuat hasil editing video menjadi kurang menarik untuk itu diperlukan proses pemotongan- Split AVS Video Editing.

Coba lakukan Play perhatikan menit, detik keberapa dimulainya bagian video yang kurang menarik itu lalu Pause dan Split, Tidak hanya waktu dimulainya saja namun akhir dari bagian video kurang menarik pun harus dicari lalu Pause dan Split.  Setelah ketemu waktu dimulai dan diakhir bagian video yang akan dihapus. Klik bagian tersebut lalu Delete.



5.    Setelah proses editing selesai dilakukan, jangan lupa untuk simpan dulu projeknya agar tidak hilang. Caranya klik menu File>Save Project atau CTRL + S.

6.   Projek sudah tersimpan, maka selanjutnya adalah menjadikannya sebagai video yang dapat diputar dan ditonton menggunakan software pemutar video dengan jenis file *.mp4, *.avi dan lain-lainCaranya dengan menekan tombol Produce


7.   Pilih kategori dimana kamu akan menyimpan video, dapat sebagai File, Video CD, maupun video web youtube. Pilih saja File,


8.   Selanjutnya adalah memilih format dari Video tersebut. Saya rekomendasikan agar menggunakan format AVI saja, karena AVI merupakan Format Video yang paling banyak digunakan. Dan disebelah kanannya ada Advanced, gunanya untuk mengatur kualitas dari Video tersebut, semakin tinggi kita mengatur, maka semakin bagus kualitasnya. Namun, jika kalian belum mengerti cara mengaturnya, dapat langsung pilih HD Video 1080p: H.264/AVC, 4200 kbps; Audio: MP3, 256 kbps untuk kualitas High Definition.


9.    Masuk ketahap akhir AVS Editing Video, Silahkan input nama file beserta pilih lokasi direktori penyimpanan file hasil output AVS Editing Video lalu tekan Create.  Tunggu beberapa saat hingga selesai.


10. Selamat Anda telah berhasil membuat editing video sesuai selera dan imajinasi anda.

Baca Juga: VBA Excel 

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba

Terima Kasih telah berkunjung di https://agungpanduan.blogspot.co.id





1 comment:

  1. Mantap ni sangat detail pembelajaranya www.kulagamezo.com

    ReplyDelete

Recent Post

Recent Posts Widget